Peluncuran Aplikasi Augmented Reality Museum Cakrabuawana Kab. Cirebon

Thursday, 13 October 2022 14:29:17 pm

Berita 732

Hai Hai Sobat Perencana

Bappelitbangda melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan melaksanakan Rapat Kordinasi Kajian Augmented Reality (AR) di Ruang Rapat Suyudi, Kamis (29/09/2022). Pada acara tersebut, dibahas mengenai pengembangan aplikasi berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality yang bernama AR Cakrabuwana. 

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan objek dari dunia nyata dan objek virtual atau maya dalam kondisi realtime. Penggabungan objek nyata dan virtual terjadi dengan dukungan teknologi yang tepat. Sementara interaksi yang dilakukan dapat terjadi dengan menggunakan perangkat-perangkat tertentu. Augmented Reality (AR), merupakan variasi dari Virtual Environment (VE), atau yang lebih dikenal dengan istilah Virtual Reality (VR). Teknologi VR membuat pengguna tergabung dalam sebuah lingkungan virtual secara keseluruhan.

Teknologi Augmented Reality sangat cepat sekali berkembang. Di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality.Augmented Reality suatu terobosan di bidang teknologi yang sangat canggih. Karena dengan teknologi ini kita dapat membuat segala hal yang abstrak atau virtual bisa terlihat begitu nyata atau real.

Saat ini aplikasi tersebut dapat di download di playstore dengan nama AR Cakrabuwana, atau di link berikut ini 

Download Aplikasi AR Cakrabuwana